Ciri Khas Keris Tilam Upih dan Ricikannya

Pusaka Keris Tilam Upih

  • Keris tilam upih mempunyai bentuk lurus dengan ukuran bilah sedang dengan gambar motif ditata melebar ditengah-tengah sehingga terlihat serasi memenuhi bilah keris dengan warna hitam putih tergurat dalam besi yang berwarna hitam seakan-akan motif pamor yang diterapkan menyala. Keris dapur tilam upih mempunyai condong leleh kecil mempunyai makna pemberani, sombong dan berwibawa. Keris tilam upih mempunyai makna bagaikan orang yang mencintai seorang perempuan yang menjadi isterinya, dimana ingatan pikirnya selalu tertuju kepadanya.
  • Pamor tergolong pamor ngulit semangka termasuk pamor mlumah. Pamor ngulit semangka mempunyai filosofi (dipercaya) mendatangkan banyak rezeki yang seakan mengalir tanpa henti bagaikan sampah-sampah yang hanyut di sungai. Orang Jawa percaya bahwa dirinya akan hidup berkecukupan, seakan-akan ia berdoa tanpa henti hanya karena memiliki keris ini dan doanya dikabulkan. Pamor jenis ini tidak memilih dan cocok untuk semua orang.
  • Ujung keris berbentuk ngudhup yaitu kuncup bunga yang belum mekar.

Ricikannya terdiri dari:

  • Pejetan menggambarkan pentingnya dari ibu jari karena merupakan kelengkapan kekuatan manusia dalam memikul berbagai pekerjaan yang menjadi sarana bagi penghidupannya.
  • Tikel Alis mempunyai makna mendorong hidup terbuka melalui tiga realita yakni benar dalam pandangan, pemahaman dan kehendak hati.
  • Ganja berbentuk wuwung. Gonjo melambangkan yoni. Pesi melambangkan lingga, berbentuk gilig. Persatuan antara lingga dan yoni diartikan keabadian, turun temurun.

Makna dan Betuk Keris Tilam Upih

Keris tilam upih mempunyai makna bagaikan orang yang mencintai seorang perempuan yang menjadi isterinya, di mana ingatan pikirnya selalu tertuju kepadanya. Bentuk keris lurus (tilam upih) memperlihatkan kesederhanaan, sebagai penggambaran dari sikap orang yang memang telah pasrah, suci dan jernih, maka bentuk dari bilah keris lurus sering dianggap mengandung arah dan pesan moral tentang makna kehidupan, yakni ketenangan hidup, stabilitas jiwa, kemampuan kepribadian, ataupun sifat-sifat yang dianggap positif tetapi dengan tampilan yang pasif, seperti keteguhan iman. Keris dapur tilam upih cocok untuk mereka yang dianggap sesepuh, penasehat serta pujangga.

Contoh Visual Keris Pusaka

  1. Pusaka Keris Lurus
  2. Keris Pusaka Kuno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *